Monthly Archives: May 2011

Minum Kedelai ASI berlimpah!!

πŸ˜€ hehe ini lanjutan kisah “Makan kedelai dapet rumah”

seperti yang udah diceritain di kisah sebelumnya.. bahwa setelah berjuang menyicil “calon rumah” dengan makan kedelai yang selain dapet rumah juga dapet calon “baby” hehe aku percaya banget si Kedelai punya kontribusi, karena Kedelai sendiri selain mengandung Manganese, Vitamin C, Serat, Protein, Thiamin, Calcium, Iron, Magnesium, Phosphorus, Potassium dan juga FOLAT.

Yup Folat itu penting bgt utk yang mau punya anak ;D karena berdasarkan hasil googling aku dari wikipedia :

Asam folat (bahasa Inggris: folic acid, folate, folacin, vitamin B9,[1] vitamin BC, pteroyl-L-glutamic acid, pteroyl-L-glutamate, pteroylmonoglutamic acid) adalah vitamin yang larut air. Vitamin B9 sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh mulai dari sintesis nukleotid ke remetilasi homocysteine. Vitamin ini terutama penting pada period pembelahan dan pertumbuhan sel. Anak-anak dan orang dewasa memerlukan Asam Folat untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia.[2] Folat dan asam folat mendapatkan namanya dari kata latin folium (daun)

Asam Folat juga sangat penting bagi wanita hamil. Asupan asam folat yang cukup sebelum dan selama kehamilan akan mencegah timbulnya kecacatan tabung saraf (Neural Tube Defects) NTDs pada bayi, yaitu spina bifida (kelainan pada tulang belakang) dan anencephaly (kelainan dimana otak tidak terbentuk). Dengan asupan asam folat yang cukup pada masa sebelum dan selama kehamilan yaitu sekitar 0.4 – 0.8 mg per hari, risiko timbulnya NTDs pada bayi dapat diturunkan hingga 80Β %.[3]

Wanita yang berencana hamil perlu mengonsumsi asam folat secara cukup, minimal 4 bulan sebelum kehamilan karena kekurangan asam folat berisiko bayi lahir dengan cacat pada sistem saraf (otak) atau cacat tabung saraf (Neural Tube Deffect). ”

(sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Asam_folat )

Hehehe tuhkan betapa pentingnya folat utk ibu yang mau hamil, sedang hamil bahkan menyusui. Buktinya adalah pengalaman aku πŸ˜€

Setelah mengetahui aku hamil, jujur aja banyak yg rekomendasi aku utk ngemil-in “kacang kedelai” katanya “bagus utk asupan gizi sang janin” .. wah asyik banget lah hamil, bisa ngemil tapi enak :D.

Nah setelah hamil dan melahirkan, tiba saatnya menyusui nih :D.. Aku pengen banget dong ngasih yang terbaik untuk bayi aku.. πŸ™‚ walau aku ibu bekerja, aku udah bertekad mau kasih “ASI eksklusif” . Memang sebagai ibu bekerja, apalagi di profesi aku yang menuntut “highly travel” karena aku harus sering keluar kota utk meriksa proyek-proyek yg aku tanganin, bener2 deh butuh perjuangan, tekad yang keras dan manajemen waktu yg baik, agar bisa tetep kasih ASI.

Pokonya kemana2 aku selalu bawa cooler bag dan botol utk hasil perasan ASI. Tapi dengan kerjaan penuh presure, itu juga tantangan lain untuk produksi ASI, mana makin jarang ketemu anak makin seret ASI nya. Seriusan deh aku dah minum dan makan segala macam anjuran orang tua, tetep aja kok kayaknya ASI nya pas-pasan yaa.. Sampe suatu hari gak sengaja ke sebuah toko yg ngejual “SUSU KEDELAI” disitu tertulis baik untuk ibu hamil dan menyusui. Wah aku coba beli dong.. seriusan gak boong, ASI nya makin banyak produksi nya.. selain diluar sugesti, aku sih mikirnya karena yang aku minum adalah asupan gizi berbentuk cair, makanya lebih mudah di transform utk menjadi susu (teori ini bener2 hasil pikiran aku) haha, tapi ya itu aku ngerasain sendiri dan gak boong karena susu kedelai sendiri mengandung banyak protein yang dibutuhkan utk memproduksi asi. Bahkan untuk bayi-bayi yang mengalami alergi susu sapi sebagai pengganti dianjurkan untuk meminum susu kedelai.

Hehehe tapi alhamdulillah berkat perjuangan aku bisa menyusui sampai umurnya 1 tahun lebih πŸ™‚ …

hehehe ini dia jagoanku ..

dan ini penyelamatku…

dan ini cemilan kedelai yang enak tentunya .. πŸ˜€ so.. selamat hamil *loh XD (tapi nikah dulu yaaaa)

Advertisements

makan Kedelai dapat Rumah!!!

Hehehe tenang itu bukan iklan… tapi itu sebuah kenyataan .. πŸ™‚

Alkisah ada sepasang suami istri yg baru nikah terus pengen rumah…

hahaha yup, itu aku sama shafiq πŸ˜€ suami aku..

Kita berdua memang memulai rumah tangga dari ngontrak rumah πŸ˜€ .. nah ceritanya kita pengen banget nih punya rumah atau apartemen sendiri.. yah setidaknya gak usah ngontrak deh :D…

Ketika lagi jalan-jalan di mall, tiba-tiba ada yang nawarin untuk nyicil apartemen. Hehehe berhubung wkt itu belum punya anak kita ngerasa cukup oke nih nyicil apartemen. Hehehe setelah diitung2 yah bisa lah nyicil DPΒ  apartemen selama 8 bulan, dimana kita berdua memang udah bertekad untuk irit.

Dimulailah transaksi pembelian apartemen.. fiuuh ternyata ketika waktu itu gaji kita masih pas-pasan agak berat juga yaa hahaha nyicil DP apartemen yg hampir 50% dari total gaji kita berdua kalau digabungin hahaha (nekad dot com).

Karena hidup di JKT ini cukup keras (halah) 50 % sisa gaji itu utk biaya kehidupan selain makan loh (transport, internet, dll) . Hahaha emang dasar manusia masa kini, kayaknya kok malah mentingin internet daripada makan haha.

Tapi kita berdua pengen tetep hidup sehat dong… berhubung dulu sebelum memutuskan beli apartemen, jujur aja hidup kita berdua emang agak lebay, seperti makan enak setiap hari dll, jadi agak2 menggendut gituuu.

Oke, setelah melakukan riset (sok gaya) padahal cuma googling πŸ˜€ .. akhirnya kita tau!! apa yang harus kita makan biar kebutuhan gizi tetep terpenuhi, sehat, enak dan gak mahal.

Pilihan jatuh kepada …. KEDELAI πŸ˜€ .. yak kami memilih bahan makanan dari kedelai seperti Tahu, Tempe dan cemilan nya Soy Joy dong #eaa πŸ˜€ ..

kenapa kita milih kedelai karena dari hasil googling :

Why SOY?

Kandungan protein nabatinya yang lebih besar dibanding kacang-kacangan lain plus 9 asam amino menjadikan kedelai, spesial. Begitu pula dengan isoflavon dan sejumlah nutrisi penting seperti serat, lemak baik, serta vitamin dan mineral (folat, kalium, magnesium, zinc, zat besi dan kalsium) turut menambah deretan kebaikan kedelai bagi kesehatan. (ini aku ngambil dari websitenyaΒ http://www.soyjoy.co.id/about-soy/why-is-soy/ )

πŸ˜€

Yah mungkin aku gak begitu bisa ngejelasin secara ilmiah, intinya Kedelai itu berdasarkan pengalaman aku (ini beneran kisah nyata loh):

1. Sehabis makan kedelai, gak gampang lapar tapi juga ber-energi

2. Yang pasti kita mengalami penurunan berat badan yg significant

3. Enak bgt badan jadi nya gak gampang pusing, pegel dll.

dan yang pasti HEMAT πŸ˜€ hahaha.. seriusan nih ya.. setelah kita melakukan diet “kedelai” selain apartemen DP nya lunas juga badan makin OK :D..

Oiya kalau yg bertanya2 “loh katanya dapet rumah”, ehhe memang sudah jalannya kali yaa, beres DP, aku Hamil yeaay ^_^ (akhirnya setelah 13 bulan menikah) ternyata dipikir2 kalau punya anak itu apartemen kayaknya kurang, sepertinya lebih butuh rumah. Untungnya si pembelian apartemen tadi boleh dibatalkan (yg ditahan cuma tanda jadi saja) , ya udah kita batalin, dan mendadak punya uang cash (DP apartemen yg kita tarik barusan) dan bisa nge DP rumah πŸ˜€ .. yeaaay …

Sekarang kita punya rumah deeeh πŸ™‚ …

Pokonya Hidup Kedelai !!

Yup itu diatas rumah baru kami πŸ˜€ walau kecil tapi kami bahagia krn bisa ngebeli dengan usaha sendiri :D.

Pokonya kedelai membawa kebaikan kedalam hidup kami … πŸ˜‰