Minum Kedelai ASI berlimpah!!

😀 hehe ini lanjutan kisah “Makan kedelai dapet rumah”

seperti yang udah diceritain di kisah sebelumnya.. bahwa setelah berjuang menyicil “calon rumah” dengan makan kedelai yang selain dapet rumah juga dapet calon “baby” hehe aku percaya banget si Kedelai punya kontribusi, karena Kedelai sendiri selain mengandung Manganese, Vitamin C, Serat, Protein, Thiamin, Calcium, Iron, Magnesium, Phosphorus, Potassium dan juga FOLAT.

Yup Folat itu penting bgt utk yang mau punya anak ;D karena berdasarkan hasil googling aku dari wikipedia :

Asam folat (bahasa Inggris: folic acid, folate, folacin, vitamin B9,[1] vitamin BC, pteroyl-L-glutamic acid, pteroyl-L-glutamate, pteroylmonoglutamic acid) adalah vitamin yang larut air. Vitamin B9 sangat penting untuk berbagai fungsi tubuh mulai dari sintesis nukleotid ke remetilasi homocysteine. Vitamin ini terutama penting pada period pembelahan dan pertumbuhan sel. Anak-anak dan orang dewasa memerlukan Asam Folat untuk memproduksi sel darah merah dan mencegah anemia.[2] Folat dan asam folat mendapatkan namanya dari kata latin folium (daun)

Asam Folat juga sangat penting bagi wanita hamil. Asupan asam folat yang cukup sebelum dan selama kehamilan akan mencegah timbulnya kecacatan tabung saraf (Neural Tube Defects) NTDs pada bayi, yaitu spina bifida (kelainan pada tulang belakang) dan anencephaly (kelainan dimana otak tidak terbentuk). Dengan asupan asam folat yang cukup pada masa sebelum dan selama kehamilan yaitu sekitar 0.4 – 0.8 mg per hari, risiko timbulnya NTDs pada bayi dapat diturunkan hingga 80 %.[3]

Wanita yang berencana hamil perlu mengonsumsi asam folat secara cukup, minimal 4 bulan sebelum kehamilan karena kekurangan asam folat berisiko bayi lahir dengan cacat pada sistem saraf (otak) atau cacat tabung saraf (Neural Tube Deffect). ”

(sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Asam_folat )

Hehehe tuhkan betapa pentingnya folat utk ibu yang mau hamil, sedang hamil bahkan menyusui. Buktinya adalah pengalaman aku 😀

Setelah mengetahui aku hamil, jujur aja banyak yg rekomendasi aku utk ngemil-in “kacang kedelai” katanya “bagus utk asupan gizi sang janin” .. wah asyik banget lah hamil, bisa ngemil tapi enak :D.

Nah setelah hamil dan melahirkan, tiba saatnya menyusui nih :D.. Aku pengen banget dong ngasih yang terbaik untuk bayi aku.. 🙂 walau aku ibu bekerja, aku udah bertekad mau kasih “ASI eksklusif” . Memang sebagai ibu bekerja, apalagi di profesi aku yang menuntut “highly travel” karena aku harus sering keluar kota utk meriksa proyek-proyek yg aku tanganin, bener2 deh butuh perjuangan, tekad yang keras dan manajemen waktu yg baik, agar bisa tetep kasih ASI.

Pokonya kemana2 aku selalu bawa cooler bag dan botol utk hasil perasan ASI. Tapi dengan kerjaan penuh presure, itu juga tantangan lain untuk produksi ASI, mana makin jarang ketemu anak makin seret ASI nya. Seriusan deh aku dah minum dan makan segala macam anjuran orang tua, tetep aja kok kayaknya ASI nya pas-pasan yaa.. Sampe suatu hari gak sengaja ke sebuah toko yg ngejual “SUSU KEDELAI” disitu tertulis baik untuk ibu hamil dan menyusui. Wah aku coba beli dong.. seriusan gak boong, ASI nya makin banyak produksi nya.. selain diluar sugesti, aku sih mikirnya karena yang aku minum adalah asupan gizi berbentuk cair, makanya lebih mudah di transform utk menjadi susu (teori ini bener2 hasil pikiran aku) haha, tapi ya itu aku ngerasain sendiri dan gak boong karena susu kedelai sendiri mengandung banyak protein yang dibutuhkan utk memproduksi asi. Bahkan untuk bayi-bayi yang mengalami alergi susu sapi sebagai pengganti dianjurkan untuk meminum susu kedelai.

Hehehe tapi alhamdulillah berkat perjuangan aku bisa menyusui sampai umurnya 1 tahun lebih 🙂 …

hehehe ini dia jagoanku ..

dan ini penyelamatku…

dan ini cemilan kedelai yang enak tentunya .. 😀 so.. selamat hamil *loh XD (tapi nikah dulu yaaaa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: