Tentang Hasil Karya

Tadi siang ada temen gw menjapri gw sambil nunjukin sebuah foto dan menanyakan “ini hasil karya lo bukan sih”

Dan gw tanpa suudzhon mikir waa iyaa fotonya bagus bagi dong ..

Ternyata temen gw nyampein bahwa ada org yg ngaku2 itu hasil kerjaan dia ..

Kalau baca kata2 nya sih orang yg ngaku2 ini kerjaan dia adalah orang baru di tempat kerja nya, dan dia semacam self claimed atas apa yg orang lain kerjakan dibilang kerjaan dia ..

Karena kata2 awalnya aja udah “dateng paling awal utk kerjain ini”

Saat baca itu gw malah kasian sama org ini, dia gak tau apa ya di era se terbuka ini kok masih aja ngelakuin hal itu, kalau misalnya orang lain yg gak kenal dia yg menemukan hal itu gimana coba..

Disatu sisi gw jadi teringat disaat gw menginterview bbrp calon arsitek utk kerja di kantor gw

Porto mereka canggih2, keren lah bgt pokonya, tapi pas gw minta mereka ceritakan dengan detail apa yg ada di porto itu, gak banyak yg bisa mereka ceritakan. Padahal penting banget buat gw mengetahui bahwa mereka itu paham atas proyek yang pernah mereka pegang.

Ada yg akhirnya ngaku “aku sebenernya cuma kebagian bikin 3D nya, dll” ya seharusnya dituliskan dengan jujur aja sih. Somehow gw masih menghargai orang yg jujur itu.

Tapi banyak yg asal masukin porto kantor yang bahkan dia sendiri tidak terlibat didalam proyek itu.. Buat apa? Yg mau lo jual itu pengalaman diri lo atau pengalaman kantor lo.

Menurut gw setiap orang dijaman keterbukaan informasi ini memang dituntut utk lebih jujur dan tau cara membawa diri ataupun self branding.

Yah semoga orang yg tadi ngaku2 kerjaan gw lambat laun akan paham bahwa yg dia lakuin itu malah bakal jatohin dirinya sendiri

View on Path

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: