berkunjung ke pabrik susu kental manis

Siapa yang gak tau susu kental manis..

Kayaknya buat gw susu kental manis itu semacam “penyempurna” dessert ..

Enak bgt tuh kalo dituang ke es campur atau es podeng πŸ‘ŒπŸ»

Selama ini gw penasaran sih kok susu bisa kentel sama manis yaa ..

Kebeneran kemarin aku diajakin nih ngeliat pabriknya susu kental manis Frisian Flag di ciracas

Siapa coba yang gak tau “susu saya susu bendera” hehe jingle iklan dari jaman gw kecil yg selalu terngiang2 di kepala πŸ™‚

Asik banget loh di pabrik nya ada semacam tempat untuk “menerima” tamu2 yang datang berkunjung πŸ™‚


Tuh bisa foto2 disitu πŸ˜€ dan ternyata itu ada konsepnya sendiri sih .. perjalanan susu “from glass to grass” πŸ™‚

Awalnya kita dikasih penjelasan dulu tentang sejarah Frisian Flag, bayangin sudah hampir 95 tahun loh “susu bendera” menemani Indonesia πŸ™‚

Awalnya dulu susu kental manis itu dibawa oleh VOC ke Indonesia, dan kenapa dibuat kental manis agar lebih tahan lama. Gula sendiri merupakan pengawet alami.


Frisian flag sendiri berasal dari perusahaan belanda friesland yang bergabung dengan campina dan namanya jadi friesland campina (bukan es krim loh ya). Friesland campina mengambil susu2nya dari koperasi peternak sapi :), begitu juga dengan di Indonesia.


Peternak2 sapi yang mensupply Frisian Flag itu dari Pengalengan – Lembang ataupun Malang.

Agar kualitasnya tetap baik selama perjalanan, susu segar yang sudah diperah didinginkan sampai 6c lalu dibawa ke pabrik frisian flag


Kira2 begitulah perjalan susu dari peternak sampai ke pabrik

Kemudian kita pun diajak mendengarkan presentasi tentang gimana sih proses pembuatan susu kental manis



Yah bisa diliat lah dari skema nya betapa dijaga bgt kualitas dan higienitasnya dalam setiap prosesnya ..

Kita juga diajak melihat langsung ke dalam pabrik bener gak sih sesuai skema yg di presentasikan πŸ™‚

Tapi sebelum masuk ke dalam pabrik produksi nya kita dijelaskan dulu rules dan regulation nya agar terhindar dari hal2 yang tidak diinginkan

Selain itu demi menjaga higienitas pabrik kita dikasih pakaian khusus, semua perhiasan dll harus dilepas dan juga kita dikasih earplug karena didalam sana suara mesin2 cukup kencang


Tuh gaya banget kan kitah :)))

Rasanya kayak jaman sekolahan mau praktik di lab

Didalam pabrik hampir semua nya menggunakan mesin

Yang pertama kita lihat dari bagaimana kaleng2 susu dibuat, asalnya dari lembaran yang dipotong lalu dibentuk menjadi kaleng yang selama ini kita tahu..

Kalau ruangan tempat memproses susu berbeda dengan bagian kemasan, disitu suhu ruangannya dingin sekali agar kualitas susu terjaga.

Seneng deh ngeliatin kaleng2 berjejer rapi berjalan2 kesana kemari hihihi πŸ˜€

Pokonya seneng bgt deh liat pabrik frisian flag ini jadi makin yakin kualitasnya terjaga πŸ™‚

Oiya mau ingetin tadi selain presentasi tentang susu kental manis juga ada sedikit disinggung tentang susu cair siap minum πŸ™‚

Jangan lupa ya kalau susu cair kotak sehabis disedot harus segera dihabiskan karena ada kemungkinan terkena mikroba dari mulut ataupun udara. Sedangkan yg kemasan besar jika sudah dibuka dan jika masih ada sisa jangan lupa langsung masukan kedalam kulkas ya πŸ˜‰

Advertisements

3 responses to “berkunjung ke pabrik susu kental manis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: