Aku gabung PSI

Alhamdulillah hari ini diumumkan bahwa PSI lolos jadi peserta pemilu 2019

Gw tdinya selalu skeptis sama partai dan berpikir kalau mau mengubah Indonesia ya dengan bergabung dengan berbagai macam komunitas yang positif sehingga menciptakan perubahan.

Sampai akhirnya gw ketemu orang-orang PSI dari tadi nya menolak sampai sedikit demi sedikit hati gw tertarik karena melihat kesungguhan PSI selalu mengusung orang-orang yang baik.

Bahkan ketika mengenal lebih banyak orang-orang didalamnya seakan tumbuh harapan lagi untuk perubahan Indonesia yg lebih baik. Untuk menunjukan cara berpolitik yang baru.

Selama ini gw selalu buta akan apa yg terjadi di dalam parpol karena tdk ada yg transparan. Bahkan gw gak pernah tau kenapa seseorang bisa jadi « wakil gw » di legislatif sana. Gw bertanya2 juga bagaimana proses seleksi mereka kok bisa ada orang2 yg kayaknya tdk mewakili rakyat disana.

Yang membuat gw akhirnya memilih PSI karena mereka mampu menjelaskan proses yang jelas dan transparan.

Untuk bacaleg mereka harus mengikuti 3 tahap seleksi yang semua nya dibuka ke masyarakat (yg membuat gw harus segera resign walau belum pasti jadi caleg krn institusi gw bekerja sebelumnya harus netral).

Tahapan seleksi:

1. Seleksi administrasi —> pendaftar harus membuat essay tentang anti korupsi dan anti intoleransi, menyertakan CV, biografi dan juga biodata lengkap

2. Seleksi wawancara —> bacaleg yg lolos tahap 1, akan di uji oleh panelis2 dari luar partai (gelombang ke-1 kmrn contoh nya ibu marie elka, bibit KPK, wimar, mahfud dll). Jadi semacam sidang skripsi kali ya (gw juga belum sampai tahap sini doakan gw lolos nanti)

3. Seleksi berdasarkan dukungan —> bacaleg harus mempunyai minimum 100 video dukungan dari orang2. Dan format video karena memperlihatkan dukungan dari orang asli.

Lalu untuk pendanaan, PSI ini melakukan pengumpulan dana melalui crowdfunding. Dimana bentuknya berupa donasi. Memberikan donasi tdk berarti jadi anggota, tetapi semua yg memberi donasi akan mempunyai hak bersuara menentukan kebijakan partai dan mengawasi melalui audit dan laporan pertanggung jawaban anggota legislatif PSI terhadap publik.

Terus yang bertanya2 « Milly punya uang dari mana ikut2 partai ». Jawabannya adalah:

1. Daftar jadi caleg PSI gak dipungut apapun

2. Kalau nanti lolos Insya Allah, setiap caleg PSI harus membuat proposal untuk dibantu dana nya oleh PSI dari crowdfunding tersebut.

Tujuannya agar semua caleg fokus kepada goal yg ingin dicapai bukan ngurusin « cari uang / balik modal ».

Oiya semua proses diatas bisa dilihat di semua platform socmed nya PSI 🙂 jadi gak ada yang ditutup-tutupi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: